10/02/2015

TELEMATIKA

APAKAH ITU TELEMATIKA?

Kata Telematika pertama kali digunakan di indonesia pada nama salah satu Laboratorium Telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Menurut para ahli telematika atau Telematics merupakan perpaduan dua kata yaitu Telecommunication & Informatics dan merupakan perpaduan konsep computing & communication.
Nama lain dari Telematics adalah ICT (Information & Communication Technology). Telematika merupakan terjemahan dari kata "Telematique" yang pertama kali diciptakan oleh Simon Nora & Alain Minc.
Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media electromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dengan jangkauan  seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, antara lain dengan perantara suara (telepon, musik) huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasi nya.

SIAPA SAJA YANG MENGGUNAKAN TELEMATIKA?

Pada dasar nya Telematika merupakan singkatan dari Teknologi, komunikasi dan informatika sehingga penggunaan nya sangat luas dari pengguna telepon hingga organisasi pemerintahan. Di Indonesia pengaturan dan pelaksanaan mengenai penggunaan Telematika diatur oleh  Direktorat Jendral Aplikasi atau biasa disebut DIRJEN APTEL yang berada langsung dibawah Menteri Komunikasi dan Informatika. Siapa saja dapat menggunakan Telematika selama segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menggunakan nya tersedia, tidak hanya masayarakat umum yang menggunakan nya namun instansi pemerintah pun menggunakan Telematika untuk bidang-bidang yang penting seperti pendidikan, kesehatan, militer, komunikasi dan sebagai nya.

DIMANA SAJA TELEMATIKA DIGUNAKAN?

Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh, bila memiliki Hardware dan software yang dapat mengirim dan menerima data telematika dapat dilakukan. Seperti penggunaan telepon, menonton tv, menggunakan Gps saat berkendara dan masih banyak lagi.

KAPAN TELEMATIKA DIGUNAKAN?

Pada era seperti sekarang ini penggunaan Telematika paling sering digunakan pada cara yang sangat sederhana yaitu penggunaan Smartphone karena kemampuan nya yang sangat fleksibel dan multifungsi juga dapat digunakan dimana saja, tidak hanya itu Telematika juga digunakan pada saat mengirim pesan menggunakan media elektronik yang menggunakan media elektromagnetik, berkomunikasi menggunakan telepon, mengirim data menggunakan internet nirkabel dan lain-lain.

KENAPA MENGGUNAKAN TELEMATIKA?

Seiring dengan berkembang nya teknologi saat ini kebutuhan akan pengguna informasi semakin kritis sehingga penggunaan Telematika tidak dapat dihindari lagi,berikut alasan kenapa menggunakan telematika pada bidang-bidang tertentu :

Pendidikan.
Saat ini penggunaan teknologi pada bidang pendidikan semakin canggih, dengan koneksi internet penggunaan Telematika dapat membantu siswa mendapatkan informasi lebih cepat juga memberikan referensi yang lebih beragam.

Transportasi.
Dengan menggunakan Gps yang juga salah satu media Telematika pengemudi dapat mendapatkan informasi mengenai jalan yang dilalui, jalur tercepat, daerah-daerah yang berbahaya, fasilitas umum, dan masih banyak lagi.

Militer.
Telematika sangat dibutuhkan dalam bidang ini untuk merancang strategi dan mengkoordinir pasukan, mengirim informasi penting,  dan lain-lain.

Masih banyak bidang -bidang lain yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan menerima atau pun mengirim informasi sehingga Telematika sangat dibutuhkan.


BAGAIMANA TELEMATIKA DIGUNAKAN?

Pada dasar nya Telematika adalah  sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan sejumlah besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digita, sehingga penggunaan nya sangat mudah dilakukan jika memiliki media yang menunjang seperti Handphone, Smartphone, Interenet, Gps, dan masih banyak lagi.

Referensi :

https://anazdesign.wordpress.com/2013/10/29/enam-pertanyaan-penting-untuk-menganalisa-masalah-5w1h/ 
http://mamet555.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-telematika.html 
http://abas-nr.blogspot.co.id/2012/01/mata-kuliah-pengantar-telematika-fitur_07.html 
http://azul-jellyfish.blogspot.co.id/2012/10/telematika-what-who-when-where-why.html 
https://en.wikipedia.org/wiki/Telematics#Wireless_vehicle_safety_communications 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar